[Laporan PKM]Pendampingan Teknis Peningkatan Kompetensi Siswa Bidang Keahlian Akuntansi SMK Kepanjen Kabupaten Malang

Authors

  • Anwar Universitas Gajayana Malang Author
  • S. B. P. Handhajani Universitas Gajayana Malang Author
  • Dwi Orbaningsih Universitas Gajayana Malang Author
  • Resti Rahayu Universitas Gajayana Malang Author
  • Rizki Nur Iman Universitas Gajayana Malang Author

Abstract

Pendidikan kejuruan memiliki peran strategis dalam menyiapkan sumber daya manusia yang siap kerja, khususnya dalam menghadapi tantangan dunia industri dan bisnis yang terus berkembang. Salah satu bidang keahlian yang memiliki peranan penting dalam dunia kerja adalah akuntansi. Kompetensi siswa dalam bidang akuntansi perlu terus ditingkatkan, tidak hanya dari aspek teori, tetapi juga dari segi keterampilan praktis yang sesuai dengan kebutuhan industri.

SMK di Kabupaten Malang, khususnya SMK Kepanjen, merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berkomitmen mencetak lulusan yang kompeten dan siap bersaing di dunia kerja. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan dinamika regulasi di bidang keuangan, dibutuhkan upaya yang lebih intensif dalam mengembangkan kemampuan siswa, baik dalam penguasaan perangkat lunak akuntansi, pemahaman prosedur administrasi keuangan, maupun penerapan praktik akuntansi berbasis digital.

Untuk itu, kegiatan Pendampingan Teknis Peningkatan Kompetensi Siswa Bidang Keahlian Akuntansi ini dilaksanakan sebagai bentuk dukungan nyata terhadap peningkatan mutu lulusan SMK. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman siswa terhadap materi-materi akuntansi terapan, mengenalkan teknologi akuntansi terbaru, serta memberikan pengalaman langsung melalui simulasi dan praktik kerja.

Melalui pendampingan ini, diharapkan siswa dapat meningkatkan kompetensi profesionalnya, memperoleh wawas an yang lebih luas tentang praktik akuntansi di dunia kerja, serta lebih siap dalam menghadapi Uji Kompetensi Keahlian (UKK) maupun seleksi dunia kerja atau pendidikan lanjutan.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)